Kamis, 21 Juli 2011

Sisi Kerawanan Warnet

Oleh: N Kamila Hadi


Warung internet (Warnet) merupakan tempat yang ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan. Saking menjanjikannya usaha ini, tak sedikit orang berwirausaha dengan membuka warnet. Namun, karena persaingan semakin meningkat, beberapa warnet yang masih baru dibuka biasanya sepi oleh pengguna layanan internet.

Sayang, sepinya tempat tersebut justru menimbulkan kerawanan tindakan asusila. Apalagi, warnet yang tempatnya agak tertutup. Kondisi ini malah membuka peluang bagi remaja untuk mencari kesempatan dalam kesempitan. Kasus adegan mesum oleh pasangan muda-mudi di warnet diduga tak hanya terjadi sekali dua kali, bahkan lebih.

Kejadian ini perlu ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. Jika dibiarkan, maka akan semakin hancurlah moral bangsa kita. Sangat memalukan jika penerus bangsa Indonesia semakin hari semakin mengalami penurunan akhlak.

Peran orangtua juga harus difungsikan sebagaimana mestinya. Remaja yang dalam masa puber sebaiknya mendapatkan pengawasan dari pihak keluarga agar lebih terkontrol. Penanaman nilai-nilai religius pun penting ditekankan sejak dini agar mereka mengerti rambu-rambu dalam pergaulan sehari-hari dengan berpegang teguh pada ajaran agama. Wallahu a'lam.

* Dimuat dalam Harian Umum Pelita, Senin 18 Juli 2011.
Suara Karya, Selasa 19 Juli 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar