Kamis, 21 Juli 2011

Penuhi Hak Pendidikan Anak di Daerah Pedalaman

Oleh: N Kamila Hadi

Sungguh ironis jika kita menengok pendidikan anak-anak Indonesia di daerah pedalaman yang jauh dari kota dan juga jauh dari teknologi canggih. Saya pernah melihat tayangan televisi mengenai pendidikan di Sulawesi Barat (tepatnya di wilayah pedalaman).

Betapa kasihan pendidikan anak-anak yang tinggal di daerah serba kekurangan fasilitas itu. Untuk sebuah ruangan kelas saja sangat kurang memadai. Hal ini menunjukkan minimnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan di daerah yang terpencil.

Anak-anak yang bertempat tinggal di sana seharusnya juga mendapatkan hak sama seperti anak-anak lainnya yang tinggal di daerah perkotaan. Mereka juga membutuhkan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal.

Di tengah keterbatasan dan kekurangan fasilitas, saya sangat salut dengan antusiasme para siswa di sana. Mereka rela berjalan kaki menyeberangi sungai hanya untuk menuntut ilmu. Sungguh semangat yang luar biasa!

Sudah semestinya pemerintah memperhatikan mereka. Pemerintah juga harus menyediakan fasilitas serta sarana dan prasarana yang memadai. Ini demi kelangsungan proses pembelajaran mereka.

Jasa seorang guru pun banyak dibutuhkan di sana. Perlu adanya kesadaran dari pemuda penerus bangsa agar bersedia membantu mengajar anak-anak di daerah pedalaman untuk mencetak generasi yang berpotensi dan berprestasi.

Tidak ada kata lain, pemerintah wajib hukumnya memenuhi hak dasar mereka. Yakni pendidikan dengan kualitas yang sama dengan saudara saudara mereka di daerah lain. Wallahu a’lam.

* Pernah dimenangkan dalam lomba L-MAS WR dan dimuat dalam rubrik Jagongan Harian Jogja, Kamis (14/7).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar