Kamis, 21 Juli 2011

Menulis Itu Tentang Proses, Bukan Hasil

Oleh: Abdushshabur Ridho
Kita pasti pernah beranggapan bahwa menulis itu adalah pekerjaan para intelektual atau pekerjaan mereka orang-orang pintar, namun apakah oring-orang pintar itu menulis? Ternyata tidak juga, masih banyak orang-orang pintar yang tidak mau menulis. Ketidakinginan ini ditutupi dengan berbagai alasan, mereka beralasan ingin membuat sebuah tulisan yang baik, disertai dengan data fakta, ingin dengan tulisannya menjadikannya hebat dimata orang lain yang membacanya atau dengan segala motivasi yang menuntut kesempurnaan lainnya. Menurut saya bukan seperti itulah penulis yang pintar. Ketika membicarakan tentang menulis, maka menulis adalah kita bicara tentang sebuah proses, bukan orang pintar ataupun hasil dan tanggapan orang lain tentang tulisan yang dibuat. kebanyakan kita hanya membicarakan hasil yang hanya bernilai 1%, dan hanya sedikit orang membicarakan proses yang bernilai 99% dari sebuah kesuksesan dalam menulis.

Maka penulis pintar adalah mereka yang mau belajar, mau mencoba serta lebih membicarakan proses daripada hasil. Mereka tidak memikirkan kesempurnaan dalam tulisannya. Karena tuntutan kesempurnaan dalam proses menulis telah membuat kebanyakan orang untuk mencari zona aman, mereka menganggap lebih baik tidak menulis dari pada dicerca orang lain. Padahal menulis adalah cara kita mengekspresikan gagasan, pendapat, serta pandangan tertentu yang ada dalam pikiran kita. Kalaupun ada yang menolak gagasan kita tidaklah masalah karena hal itu justru menjadi sebuah dinamika untuk membuat tulisan dan pikiran kita lebih berkembang.

Lalu jalur apakah yang ingin kita lalui, Menulis karena pintar atau menulis untuk menjadi pintar? Pilihan yang tidak sulit. Maka, menurut saya untuk mulai menulis poin utama adalah keinginan, sebuah keinginan akan menghasilkan sebuah gagasan atau ide yang kita implementasikan dalam sebuah tulisan, kapanpun, dimanapun, oleh siapapun. Jadi, tunggu apa lagi kawan? Menulislah atau terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar